Kalau ditanya tentang kontribusi saya terhadap negara ini, pasti saya ingin memberikan yang terbaik. Mengingat saya lahir di Tanah Air tercinta ini. Berhubung saya jurusan Ilmu Komunikasi. Saya ingin memaparkan sekelumit tentang cita-cita saya, yang (mungkin) selaras dengan tujuan Indonesia. Saya ingin menjadikan anak-anak bangsa tumbuh dengan karakter yang baik, dinamis dan bisa membuat negara Indonesia menjadi tetap berjaya.

Pertama, saya akan membuat sebuah komunitas tentang pengembangan diri anak usia dini, anak-anak akan diajak memainkan permainan tradisional yang sangat membantu pola pikirnya menjadi cerdas. Mengingat begitu jarangnya permainan tradisional dimainkan lagi. Mengapa demikian? Karena di usia dini, anak harus diajarkan kekreativitasan, kebebasan mengeluarkan ide, kebersamaan dan ikut andil dalam mewujudkan generasi yang cerdas dan bermatabat.

Kedua, saya ingin mengajak anak-anak Indonesia lebih peduli kepada tradisi dan budaya Indonesia demi tercapainya kelestarian budaya. Karena mengapa?Sudah banyak budaya bangsa Indonesia yang belum di daftarkan ke UNESCO. Sehingga, tidak sedikit budaya Indonesia yang diklaim negara tetangga. Ini diakibatnya kurang cintanya terhadap budaya kita sendiri.

Contoh beberapa budaya yang di klaim oleh Malaysia: WAYANG KULIT, KERIS, TARI PENDET, BATIK, LAGU RASA SAYANGE, REOG PONOROGO, dsg.

Saya berharap masyarakat Indonesia lebih memperhatikan budaya sendiri, ini bisa diterapkan sejak usia dini. Sehingga tertanam rasa nasionalisme yang kuat. Untuk itu, saya lebih condong kepada anak usia dini sebagai sasarannya. Selain anak kecil mudah dipengaruhi, anak usia dini mudah sekali untuk menyimpan semua tindakannya dalam otak. Dan terus ditanamkan hingga dewasa nanti.

Semoga, tulisan saya bisa bermanfaat. Terima kasih.

