Tips ini memiliki efek samping, membuat kamu menjadi cerdas dan cermat.

Tidak ada rahasia khusus untuk bisa mendapatkan julukan ‘bintang kelas’ maupun anak berprestasi khusus. Semuanya sama saja. Rata-rata otak pun tidak ada bedanya. Karena neuron-neuron akan semakin bekembang saat menerima informasi baru.

Banyak yang menyangka saya ikut bimbingan belajar, les privat dan semacamnya. Namun, sama sekali saya tidak pernah beruntung untuk dapat fasilitas itu. Akan tetapi, tekad dan usaha yang kuat menjadi motivatorku.

Cuma sekedar tips sih! Dipraktekan monggo, enggak juga gak masalah.

Siap menerima??? Ini lemparan dasyat😵

Memang susah di era yang serba canggih ini mengajak anak-anak belajar. Terlebih mata pelajaran yang menurut mereka membosankan. Namun, tak ada pelajaran yang membosankan. Kita saja yang membuatnya bosan.

Hal paling mendasar untuk bisa menyerap pelajaran lebih mudah adalah niat. Coba tanyakan kepada diri sendiri. Untuk apa sekolah? Jawabannya untuk belajar dan menimbah ilmu. Nah, kuncinya apa? Belajar! Right. 🙂

Kemudian sebelum itu penyesuaian diri. AQwCara belajar seperti apa yang kamu sukai? Apa belajar sendiri atau berkelompok. Kalau sendiri, buat suasana senyaman mungkin. Jika lebih suka yang hening, pilih tempat yang benar-benar tidak akan ada yang menggangu. Kamar! Buatlah suasana belajar senyaman mungkin dengan dekorasi meja belajar yang unik dan kreatif untuk meningkatkan belajarmu. Sementara jika tidak merasa terganggu dengan keramaian, bisa sambil mendengarkan musik atau radio.
Nah, Beda lagi kalau membentuk grup study, kamu bisa belajar bareng dengan temanmu. Mendiskusikan soal yang belum terjawab. Saling bahu-membahu mencari jawaban. Biasanya tips bekerja kelompok akan lebih banyak memakan waktu. Pasalnya jika bekerja otaknya sih gak papa. Ini malah ngerumpi dan makan-makan. *pengalaman pribadi. Akan tetapi, ada kesan sendiri saat memilih belajar bersama. Kita tidak merasa jenuh atau mengantuk. Disamping itu bisa lebih cepat mendapatkan kesimpulan.

Tips selanjutnya belajar di waktu emas. 24 jam yang kita miliki 8 jam untuk belajar di sekolah, 6 jam untuk tidur sisanya 10 jam. Lantas bagaimana memaksimalkan waktu itu? Jika 2 jam untuk eskul sisa 8 jam. Anggap 1 jam untuk mondar-mandir termasuk makan dan mandi. Jika masih kurang, kita ambil 30 menit.Masih tersisa 6 jam 30 menit. Oh, kita butuh refreshing. Kita amankan 1 jam itu. Entah berkebun, atau membaca komik, main games, jalan-jalan…intinya menyegarkan otak. Sudah tersisa 5 jam 30 menit.

Sebenarnya waktu kita sangat cukup, jika dimanfaatkan secara baik. Karena waktu adalah pedang. Yah! Kamu malas, kamu akan mati. 😂😑 Enggak begitu. Semakin lama kita membuang-buang waktu, semakin rendah potensi yang kita miliki.

Kalau aku pribadi, waktu emas itu menjelang malam, tengah malam dan waktu subuh. Kenapa? Karena di waktu seperti itu semua orang tidak akan mengusik kita.

Tips berikutnya.Membuat resume setiap mata pelajaran. Iya, hanya dengan menulis materi kembali. Ingatan kita akan lebih kuat 3 kali lipat. Karena proses menulis melibatkan 3 organ, mata, tangan dan hati. Setiap materi yang disampaikan pemateri wajib dicatat. Sering kali soal diberikan sesuai dengan ucapan guru.

Gimana bisa jadi ranking kelas, jika saat guru menjelaskan malah tidur atau sibuk main gadget?

Tips berikutnya….

Memasuki tips ini harus lebih maksimal melakukannya. Tips ini, digunakan saat akan menghadapi UH,UTS,UAS.

Kembali membuka catatan resumanmu. Baca, cermati jika perlu hafalkan. Ini memang sangat membosankan. Namun, kembali pasang mindset. AKU BISA JADI JUARA.

Kamu perlu mengasah kemampuan mengerjakan soal, dengan menjawab soal-soal yang tersedia di LKS. Boleh juga nyari di web.

Menyimpan memori itu dengan berdoa. Agar besok saat ujian tidak gugup dan blank.

Itu hanya sebagian kecil tips untuk sukses menjadi siswa berprestasi. Selanjutnya kamu bisa improvisasi sendiri.

Hal terpenting bukan seberapa lama kamu berhadapan dengan buku. Tetapi, seberapa pandai menerima ilmu dan menerapkan kepada lingkungan sekitar.
Salam dari Baiq Cynthia. ☺😊

Iklan