Travelling–satu kata yang bisa menjadi sebuah rujukan pencinta wisata atau tour. Jangan ditanya, mereka rela akses walau jalan yang ditempuh padat sekalipun. Menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Tidak masalah. Selama masih dalam batas wajar. 

Banyak sekali yang mengatakan berkenala itu tidak berguna. Terutama mereka yang terbiasa hanya pergi mengunjungi kerabat. Apalagi yang suka jalan-jalan itu perempuan. 

Well. Kegiatan mengunjungi suatu tempat yang paling jauh adalah keinginan saya semenjak kecil. Saya ingin sekali bisa mengunjungi sebuah tempat–yang terkenal dengan bangunan suci romantis.Taj Mahal. Ya, salah satu dari 7 keajaiban di dunia. 

India merupakan negara yang memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia. Seperti candi atau kisah Ramayana dan Mahabrata yang tepahat pada dinding candi. Ditambah dengan banyaknya warga Indonesia keturunan India. Sejak pedagang Gujarat menetap di Nusantara.

Tanpa pengecualian, sudah banyak kerja sama sejak presiden pertama yang memimpin Indonesia. Hari kemerdekaan pun hanya bertaut 2 hari. 

India, bukan sebuah negara tujuan tanpa alasan. Ada banyak impian negara tujuan. Namun bagiku negara satu ini, kelak menjadi prioritas. 

Banyak cerita sukses, yang pernah menapaki negara Bollywood. Terkenal dengan aktor tampan legendaris. Shah Rukh Khan. Pakaian sari yang gemilau. Makanan penuh rempah dan sangat kuat akan rasa. 

Sejak kecil sudah suka dengan India. Lewat film yang disuguhkan. Lewat lagu yang selalu asyik didengar. Bahasa yang kental. Semuanya yang indah. 

Aku mengenal banyak tentang India lewat teman Facebook yang rata-rata orang India. Ada yang dekat, namun tidak bisa bersama. Tapi, hidup hanya sebatas pilihan. Bersama atau tidak biarkan saja melekat dalam sanubari. 

Destinasi wisata tujuan selain Taj Mahal, yaitu Mughal Garden. Euuu, melihat foto teman yang bisa masuk tempat yang di buka hanya satu kali dalam semusim. So perfect. Melihat bunga yang ditanam sepanjang sungai. Indahnya. 

Ingin tahu rasanya tinggal di daerah yang suhunya hanya 10 derajat. Di New Delhi harga handphone dibandrol cukup murah. Astaga. 

Tujuan di India tidak hanya di New Delhi, ingin tahu rasanya melihat langsung SRK. Keliling kota Mumbai, kota paling padat. Sekaligus sumbernya film India. Bagaimana rasanya di Amritsar. 

Final destinasi ke Pattambi. Entahlah ini hanya angan yang tak sampai. Bersua dengan seseorang yang hanya pernah dikenal lewat jejaring sosial. 

Semoga kelak bisa membeli souvenir langsung menggunakan mata uang rupee. Meskipun begitu saya bersyukur bisa memegang selembar kertas uang. 

Tahu cerita asyik di India. Lalu-lintas yang kocar-kacir. Kisah-kisah haru dan kocak tentang India. Sekaligus mencicipi salah satu makanan India. 😀

Makanan satu ini manis banget. Entah gula berapa ton dicampur. Selain khas dengan rasa rempah. Juga aroma sedap tak kalah enak. 

Soan Halwa memiliki tekstur lebih padat dan keras. Mirip gula aren. Namun, rasanya manis. Kelewat manis. Mungkin saja orang India banyak yang manis suka sekali makan yang manis-manis. 

Bagiku, perjalanan jauh sekali pun jika diniatkan ibadah atau silaturahmi pasti ada manfaatnya. Berjalan jauh tidak sekedar menghamburkan uang. Tetapi, lebih banyak belajar. Menambah wawasan dan pengetahuan baru. 

Ada pepatah mengatakan, jangan menjadi katak dalam tempurung. Ya, dunia itu tak selebar daun kelor. Dari sana kita bisa menularkan manfaat yang banyak. 

Life is adventure. Nikmati proses! Sejatinya tak akan pernah menghianati hasil. 

Salam dari kota Malang. Hari ini saya di sini. Setelah kemarin jalan lagi ke Pare, Kediri. Ya seperti yang saya katakan menghirup udara baru di tempat baru akan sangat menyenangkan. 

Pun sejatinya tidak ada tempat terjauh yang tak bisa terjamah. Nyatanya bumi itu bulat. Posisi terjauh saat kita tak mengenali jati diri. 

#Malang

#BasabasiStore

#KampusFiksi

#WritingChallenge


Iklan