Satu foto dan satu capture obrolan singkat malam ini. Tak bisa menampik. Usaha aku 2 tahun ternyata sudah benar-benar pupus. Itu kenapa aku tak bisa menyalahkan siapapun… ini bukan salah orangtua yang gak mampu, bukan salah birokrasi yang ketat bukan salah juga aku punya impian. 

Aku manusia biasa yang kadang salah. Salahkah aku punya harapan tinggi? Bukankah kata pepatah lama bermimpilah setinggi mungkin jika jatuh kau tak akan jauh dari mimpi itu. 

Aku sudah upayakan matang-matang. Bahkan aku sendiri malu dengan kebaikan orang2 selama ini. Kebaikan bunda dan chimut yang pertama kali mengajak ke sana. Dan membantu aku … tentang kenaikan teman2 kos, kebaikan teman2 kampus, kebaikan kak2 aku yang kenalkan dengan sosok baik di permata jingga, kebaikan dosen2 yang selalu memberi semangat kepadaku, kebaikan semua teman komisariat IMM FISIP, kebaikan semua yang jika harus sebutkan tak bisa ditulis di tempat ini. 

Aku tidak menyesal pernah menjadi bagian dari mereka. Aku sendiri kadang tersenyum kecut menjawab kamu di malang? Kamu cuti? Kamu kuliah. Sekarang aku sudah bosan ditanya macam2. 

Secara fisik aku masih tahan, tapi secara psikologis aku sudah terlalu lelah. Sudah banyak yang membuat aku down. Ingat kata seseorang terhormat itu “kamu gak pantas masuk jurusan itu”. Masih terus terngiang. Aku hanya diam membeku. 

Kalau aku diizinkan memilih, aku ingin dilahirkan dari keluarga yang serba ada. Semua keinginan mudah terpenuhi. Lagi-lagi aku ngaca. Siapa aku? Aku? Aku hanya manusia biasa.
Kadang aku heran dengan mereka yang begitu mudahnya menghabiskan waktu dan materi di luar biasanya. Tapi, itu hak mereka. Toh itu hidup mereka. Lagi-lagi aku urung. 

Ini hanya tulisan kecil dari seseorang yang memiliki impian….

Aku harap kalian tetep mempertahankan (memperjuangkan) impian kalian… Jangan mudah dihasut kaum borjuis yang hanya ingin menjajah (lagi) bangsa ini. 

Tetap berjuang dan tersenyum. 🙂 Aku hanya ingin berbagi…Semoga tulisan singkat ini bisa menambah semangat tujuan pertama itu. 

Aku masih semangat …. ini hanya jawaban dari beberapa yang tanya aku kuliah apa enggak…Yang pasti pendidikan itu penting…ya ambil hikmahnya….:)
Komentarnya yang membuat saya hanya diam. 😁

Adikku yang di Jember. 😇

…..

…..

..


….

Semoga ada manfaatnya. Bagi yang berkesempatan kuliah. Tapi, belum maksimal. 😂

Kuliah bukan soal nilai IP tinggi, tapi minim pengalaman. Bukan tentang kuliah rapat-kuliah rapat, namun nilai mengecewakan. 

Kuliah tentang komitmen, membuka wawasan dengan nilai yang optimal. 

….

