“‚ÄčKesenangan memberi motivasi, kebahagian memberi inisiatif, apa yang diberi itulah yang didapat, dan menurutku kita bisa menyatukan kesenangan dengan kebahagiaan.” (Halaman 19)

Senang dan sedih dua sisi yang terpaut. Tak bisa dihilangkan. Tetapi, buah perjuangan akan manis hasilnya. 

Seperti novel bergenre kisah cinta khas remaja ini. Penulis membawakan sebuah kisah inspirasi yang berbeda. 

Jika bisanya, Remaja masih menampilkan sisi glamor dan manja. Tak akan kamu dapatkan di sini. 

Zain–sapaan siswa SMA jurusan IPA yang cerdas. Selain aktif dalam kegiatan rohis maupun bidang intra. Dirinya sibuk membanting tulang demi keluarga. 

Meski awalnya cintanya hanya dipautkan kepada Tuhannya. Berubah haluan kepada gadis cantik bernama Yati. Perbedaan mencolok di antara keluarga tersebut. Tak membuat Zain patah semangat berjuang demi Yati. 

“Kesucian hati ini membuatku yakin akan cintaku padamu, izinkan aku selalu bersamamu, ku ingin bulatkan tekadku untukmu.” (Halaman 35)

Entah, sosok Zain tak seperti yang Yati impikan. Material yang seolah mengunci perasaannya. 

Udara sejuk hari ini, berubah sesak karena polusi, udaranya kau, berubah juga karenamu. (Halaman 51)

Ada satu bab yang membuat saya, selaku pembaca dibuat mematung. “SIMFONI”.

“Kita yang berdiri tengah abad dan menyangka hari jadi telah jauh tertinggal, makin samar mana asal, mana kejadian, mana jumlah dan mana kadar. Makin samar, mana mulia, mana hina, mana kemajuan, dan mana kemunduran.”(Halaman 63)

Novel setebal 193 , menyimpan banyak hikmah. Meski typo yang masih muncul. Membaca dalam waktu 2 jam pun bisa tuntas. 

Ada haru-biru. Memutar kembali kenangan masa Putih Biru. Sejatinya cinta tetaplah cinta. Meski mencintai tanpa dicintai. 

SINOPSIS

Kisah ini menceritakan tentang seorang lelaki yang sangat mencintai Tuhannya kemudian dialihkan perhatiannya oleh seorang wanita yang mampu meluluhkan hatinya. Setelah wanita itu mendapatkan hati sang lelaki, wanita itu pun tidak menghiraukannya. Perasaan lelaki itu terbawa olehnya, sampai wanita itu menikah, lelaki itu tak mampu mencari penggantinya. 

Judul: Mencintai Tanpa Dicintai

Penulis: IF

Penerbit: Pustaka Taman Ilmu

Tebal: vi+192

Reviewer : Baiq Cynthia

Iklan