Blogger Keren Itu Seperti Apa? Kamukah itu?|Warung Blogger


7 Blogger Keren Menurut Aiq

Masih dibilang newbie dalam hal main blogger, hobi utama hanya menulis, jadi bisa dibilang nge-blog salah satu cara mengeluarkan gagasan dan ide-ide yang gak bisa disampaikan di media sosial.

Aku emang gak tahu aturan-aturan nge-blog yang baik dan benar itu gimana, bahkan sampai saat ini belum pernah berkesempatan workshop nge-blog.

Prinsip aku sederhana, learning by doing. Kalau masalah pertama kali bikin blog, itu pas SMA pengin tulisan-tulisan aku ada tempat untuk diposting dan dibaca sama banyak orang. Saat itu aku gak tahu kalau udah ada warung blogger, karena jarang juga main medsos buat hal-hal begitu, bagi anak muda main medsos sekadar update status, share, like dan komentar. OOT sorry!

Setelah insyaf, aku buat blog baru di wp sebelumnya masih pakai blogspot. Agak kesulitan karena fiturnya sedikit berbeda, tetapi gak pantang menyerah, terlebih ikut pelatihan Aplikom, bisa deh bikin blog ini dalam waktu 2 harian.

7 Ciri Blogger Keren Versi Daily’s Baiq

SATU, sungguh ini tidak semudah yang dibayangkan, menulis blog tantangannya harus selalu ngeposting hal apa pun yang sekiranya menarik untuk dibaca. Karena blogger keren menurut versiku adalah selain jumlah postingan yang banyak, tulisannya berkualitas. Dari segi penyuguhan materi dan gambar yang dipilih. Yang paling utama tulisan punya sendiri, menulislah dengan jujur. Gak kreatif banget, kalau blog-nya hasil ngopas yang tinggal copy-paste. Padahal kita dianugerahi akal oleh Tuhan, masak iya kudu menyolong pikiran orang. (Bagi aku yang suka ngopas itu mirip tong kosong nyaring bunyinya.)

KEDUA, blogger keren itu suka nge-blog meski kayak kalong, berjaga malam hari siang hari mata mirip panda. Gak peduli sesibuk apa pun rutinitasnya, ia pasti akan menyempatkan untuk menulis di blognya, jadi gak ada istilah blog jadi zombie atau sarang laba-laba. Kasian kan blognya jadi dekil, kumuh dan jarang dibelai pemiliknya. Intinya rutinitas blog udah seperti kebutuhan bukan keinginan lagi.

KETIGA, blogger keren gak pernah pelit ilmu. Mereka yang udah master-master selalu berbagi ilmu apa pun yang sudah didapatkan pada blognya, tak ko sembung jadi sales, gak nyambung kelesjarang blognya semakin ramai dan ramai. Nah, implementasi dari apa yang kita peroleh itu sulit-sulit mudah loh. Pertama kita harus benar-benar memahami secara keseluruhan ilmu yang sudah kita peroleh. Kedua menuliskannya dengan hati yang legowo walaupun ujung-ujungnya visitornya dikit. Tapi, setiap apa yang kita tulis pasti ada yang membaca, pasti itu. Meskipun visitornya nyasar.

KEEMPAT, kalau udah namanya β€œkeren” pastinya udah sering latihan, blogger keren bukan hanya sering nulis tapi tanpa upgrade blog. Sudah pasti tampilan blognya yang memikat dan membuat orang betah berlama-lama. Selain layout yang simpel, juga gak terlalu monoton. Pemilihan font yang disesuaikan dengan tema blog, termasuk juga penggunaan gambarnya. Pokoknya ya KEREN!

KELIMA, gak ada kata gak mau nge-blog dengan alasan gak punya laptop. Jujur awal punya blog saya pinjam laptop teman, setelah lama bisa punya gadget yang standar saya posting semua tulisan melalui aplikasi di ponsel–bahkan sampai sekarang masih ngeblog lewat ponsel. Meski terbatas, tapi ada kepuasan tersendiri dalam nge-blog;

ya … writing, sharing and happy!

KEENAM, bisa dibilang blogger keren itu gak peduli berapa jumlah pengunjung di-blognya. Ia lebih senang kalau ada yang komentar, berasa dapat sambutan dari pembaca. Aku lihat blogger mereka yang keren-keren selalu mendapatkan banyak apresiasi dari reader. Mereka yang mendapatkan komentar keren, biasanya tulisannya emang keren. Nah loh, kembali lagi sama kualitas blognya.

KETUJUH, blogger keren itu gak pernah malu buat minta support ke pembaca meski harus spaming ke beberapa grup kepenulisan. (Nah, ini gue banget. πŸ˜€)

Karena mustahil postingan kita bisa dibaca kalau gak berusaha untuk promosikan tulisan kita, blogger emang gak setenar penulis bestseller, tapi kalau content tulisannya bagus, niscaya pembacaya bukan hanya orang Indonesia saja, akan ada negara-negara bagian belahan bumi lainnya yang ikut membaca.
Yang setuju komentar ya, sekalian aku nanti mau blogwalking ehehe. Maafkan aku yang jarang main di blog kalian. Tahu sendiri, hemat kuota. πŸ˜€

Joko sembung jadi sales, Gak nyambung keles!

Penulis : Baiq Cynthia

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!

#Menu7uhWBLebihBaik
#7TahunWB

Iklan

12 Komentar (+add yours?)

  1. Karis
    Mei 27, 2018 @ 09:36:14

    ajari saya dong… blm pernah ikutan pelatihan blog nih

    Disukai oleh 1 orang

  2. Faliqul Khaq M Z
    Mei 27, 2018 @ 11:20:49

    I didn’t know If your writing is as good as this with almost 14k visitors. Keep it up!

    Disukai oleh 1 orang

  3. Intan N. Kamala Sari (@Inokari_)
    Jun 02, 2018 @ 14:21:15

    Learning by doing. Yap sama. Aku pun dulu saat pertama kali memutuskan membuat blog, tanpa workshop sana sini. Coba-coba sendiri aja. Sesekali asah kemampuan lewat giveaway atau lomba blog. Dan ah ya, gabung komunitas juga membantu sekali biar transformasi jadi blogger keren makin cepat. Hehe. Semoga menang ya! πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

    • baiqcynthia
      Jun 02, 2018 @ 14:26:11

      Aamiin semoga … Terima kasih Mbak Intan sudah mau mampir di blog sederhana ini.

      Karena hampir semua permasalahan di muka bumi bisa diatasi dengan niat, komitmen dan sungguh-sungguh memulai. :’)

      Yaaa ini masih memulai meskipun belum benar-benar maksimal.

      Suka

  4. dianravi82
    Jun 06, 2018 @ 18:23:50

    Aku enggak keren. Karena aku nelangsa kalau harus nulis di hp. Typo nya enggak ketulungan.

    Disukai oleh 1 orang

Ikuti Lomba Menulis Kreatif, Hadiah Liburan Ke Turki

Hours & Info

1-202-555-1212
Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am
Follow Daily's Baiq on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: