Daily's Baiq

Menulis membuatmu ada

My Hobby


  Anda penyuka binatang, apalagi binatang berbulu, bertubuh mungil dan menggemaskan. Cobalah untuk memelihara Hamster. Merawat Hamster itu sangat mudah, tidak perlu biaya mahal. Tidak repot dan kita merasa terhibur. Tidak ada lagi malam jones atau tak punya teman bermain. Nah, itu pilihan.

        Hamster hanya binatang kecil yang juga dikategorikan pengerat. Bisa memakan kertas, lebih tepatnya hanya menyobek-nyobek untuk menghangatkan dirinya. Makanannya hanyalah biji-bijian, atau biji bunga matahari maupun makanan yang dijual di pet shop.

        Pejantan memiliki sikap yang agresive jika disentuh punggungnya, menggigit adalah usaha melawan diri. Merasa dirinya terancam. Namun, jika kita memegang dengan teknik yang benar si pejantan ini tidak akan menggigit. Bahkan merasa aman dan nyaman.

       Jika ada pejantan, harus ada betina. Betina ditandai dengan memiliki puting susu yang nyaris tak terlihat. Kecuali kita  meraba perutnya. Hati-hati! Si hamster betina tidak suka dipegang perutnya. Maka, siap-siap saja digigit. Hihi. Betina yang berusia sebulan bisa dikatakan siap kawin. Entah berapa jam waktu bulan madunya. Aku tak begitu melihat dengan saksama.

     Saat setelah kawin, pejantan lebih suka tidur dan makan sesekali. Namun, beda halnya dengan si betina. Hobbynya main roda berputar (biasanya ada satu paket dengan kandangnya). Pagi, siang, sore dan malam. Si betina sangat aktif. Walaupun ia tengah mengandung. Ini gambar di samping kanan, “Dau-20151210-00370Chia asyik main dan Choki tidur.”

     Namun, ingat! Setiap hari rutin mengecheck makanan dan minumnya. Pernah sekali, saya  seharian di luar rumah. Dan esoknya, mereka terlihat lemas. Karena airnya telah habis. Kasian, banget. Namun, apabila kondisi fisiknya sangat lemas. Si hamster akan mengalami ngambek makan dan mati selang beberapa jam kemudian.

    Juga, yang terpenting. Setiap pagi pukul 07.00- 08.00 usahakan mereka beserta kadangnya diletakkan dibawah sinar matahari. Agar kandangnya terhindar dari jamur dan lembab. Juga, kandang harus dibersihkan minimal seminggu sekali. Caranya cukup simpel. Hanya mengeluarkan hamster dan amankan mereka agar tidak kabur. Buang semua, serbuk kayu halus atau kertas yang menjadi alas tidurnya. Cuci bersih kandang. Keringkan di bawah sinar matahari dan atur kembali perlengkapan kandang. Anda bisa memberikan sejumlah tisu sebagai alasnya, nantinya si hamster-hamster akan berlomba-lomba menyobek tisu atau kertas. Dau-20151205-00329

    Pada saat masa kehamilan telah tuntas, mereka akan melahirkan. Dan bayi-bayi hamster tidak akan berbulu. Hingga usia mereka berumur seminggu. Itupun masih dominan seperti gumpalan daging. Oh, iya. Pisahkan pejantan dengan si betina. Karena, si betina sangat agresif dan bisa-bisa si bayi-bayi hamster celaka. Itu saja cara merawat hamster dari saya. Semoga terinspirasi.

Iklan
%d blogger menyukai ini: